Bab 7 : PENGETAHUAN KEPRAMUKAAN

PENGETAHUAN KEPRAMUKAAN 


  Halo kakak-kakak dan teman-teman kali ini kita akan lanjut membahas bab 7 dari boyman yaitu mengenai Pengetahuan Kepramukaan, Yuk kita bahas satu persatu. 

  Nama lengkap BP Adalah Robert Stephanson Smyth Baden Powell. BP Lahir di Kota London, Inggris Tanggal 22 Februari 1857. Nama Ayah BP adalah Prof. Domine Baden-Powell. Nama Ibu BP adalah Hendrietta Grace Smyth. Nama Adik BP yaitu Warrington, George, Augustus, Frank, Penrose, Agnes, Henrietta,Jessie dan Baden Fletcher.Adik BP yang Mendirikan Kepanduan Puteri yaitu Agnes Nama Kecil BP yaitu Ste/ Stephe, Stephenson atau Steevie BP Menikah dengan Olave St. Clair Soames pada tahun 1912 BP Mempunyai 3 orang anak yaitu Betty, Peter, dan Heather  

  BP Mendapat gelar Lord dari Raja George Jors Pada tahun 1920, dalam Jambore Pertama. Perkemahan Pertama (Jambore) Diadakan di Pulau Brownsea,Inggris dengan jumlah 20 orang selama 8 hari pada Juli 1907 Buku Karya BP yaitu Scouting For Boys, Aids To Scouting, Rovering to Success dsb. Pangkat terakhir BP yaitu Letnan Jenderal. BP Meninggal di pulau Nyeri, Kenya, Afrika Tanggal 8 Januari 1941. Penghargaan Yang didapat BP yaitu Ashanti Star (1895), Metabele Campaign (1897), South African War Queen’s (1899), South African War King’s (1901), Companion Order of yhe Batc (1900),dsb.Kepanduan Putera Sedunia yaitu WOSM (World Organization of Scout Movement) Kepanduan Puteri Sedunia yaitu WAGGS (World Association Girl Guides Scout)BP Pertama kali ke Indonesia pada 3 Desember 1934 setelah meninjau Jambore di Australia  

  Pramuka Lahir pada tanggal 14 Agustus 1961 Pramuka didirikan Berdasarkan Kepres No. 238/61, ditandatangani oleh Perdana Mentri Ir. H. Juanda. Pramuka merupakan singkatan dari PRAja MUda KArana, artinya rakyat muda yang suka berkarya. Jambore Nasional Pertama diadakan di Pasar Minggu, Jakarta pada tahun 1955 Oleh IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia).Bapak Pramuka yaitu Hamengkubuono IX . Bapak Pandu Indonesia adalah K.H. Agus salim . Lambang Gerakan Pramua adalah Silhouette Tunas Kelapa (Bayangan Tunas Kelapa) Pencetus Lambang Gerakan Pramuka adalah Sunardjo Atmodipuro. Musyawarah Nasional, Daerah, Cabang, Ranting dilaksanakan Lima Tahun sekali, sedangkan Musyawarah Gudep Tiga Tahun Sekali.

➤Sifat - sifat Kepramukaan :
a.Nasional, ↔ suatu organisasi yang menyelenggarakan kepanduan di suatu negara haruslah menyesuaikan pendidikannya itu dengan keadaan, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. 
b. Internasional, ↔ organisasi kepanduan di negara manapun di dunia ini harus membina dan mengembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antara sesama Pandu dan sesama manusia, tanpa membedakan kepercayaan/agama, golongan, tingkat, suku dan bangsa. 
c. Universal, ↔ kepanduan dapat dipergunakan di mana saja untuk mendidik anak-anak dari bangsa apa saja, yang dalam pelaksanaan pendidikannya selalu menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepanduan.  

Berdasarkan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka (Kep Kwarnas no. 203 tahun 2009) peserta didik terdiri atas : 
• Kelompok umur 7-10 tahun disebut dengan Pramuka Siaga 
• Kelompok umur 11-15 tahun disebut dengan Pramuka Penggalang 
• Kelompok umur 16-20 tahun disebut dengan Pramuka Penegak 
• Kelompok umur 21 – 25 tahun disebut dengan Pramuka Pandega  

➤Salam pramuka digolongkan menjadi 3 macam: 
a. Salam Biasa Yaitu salam yang diberikan kepada sesama anggota Pramuka 
b. Salam Hormat Yaitu salam yang diberikan kepada seseorang atau sesuatu yang kedudukannya lebih tinggi. 
c. Salam Janji Yaitu salam yang dilakukan ketika ada anggota Pramuka yang sedang dilantik.  

➤Tanda Pengenal dalam Pramuka: 
a. Tanda Pengenal Umum (Tanda tutup kepala, Setangan / Pita leher, Tanda pelantikan, Tanda harian, Tanda WOSM). 
b. Tanda Pengenal Satuan (Tanda barung / regu / sangga, Gugus depan, Kwartir, Mabi, Krida, Saka, Lencana daerah, Satuan dll). 
c. Tanda Jabatan (Tanda pemimpin / Wakil pemimpin barung / regu / sangga, Sulung, Pratama, Pradana, Pemimpin / Wakil krida / Saka, Dewan Kerja, Pembina, Pembantu Pembina, Pelatih, Andalan, Pembimbing, Pamong Saka, Dewan Saka dll). 
d. Tanda Kecakapan (Tanda kecakapan umum / khusus, Pramuka garuda dan Tanda keahlian lain bagi orang dewasa). 
e. Tanda Kehormatan (Peserta didik: Tiska, tigor, bintang tahunan, bintang wiratama, bintang teladan. – Orang dewasa: Pancawarsa, Darma Bakti, Wiratama, Melati, Tunas Kencana.)  

➤TKK terbagi 5 golongan ditandai dengan warna dasar TKK yang berbeda, dan digolongkan menjadi: 
a. TKK Bidang Kesehatan dan Ketangkasan dengan warna dasar putih. 
b. TKK Bidang Agama, Mental, Moral, Spiritual, Pembentukan Pribadi, dan Watak dengan warna dasar kuning. 
c. TKK Bidang Keterampilan Teknik Pembangunan dengan warna dasar hijau. 
d. TKK Bidang Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban, Masyarakat, Perdamaian Dunia, dan Lingkungan Hidup dengan warna dasar biru. 
e. TKK Bidang Patriotisme dan Seni Budaya dengan warna dasar merah. 

• Tingkatan TKK Purwa; lingkaran, Madya; persegi, Utama; segi lima. 
• Pembina Saka disebut Pamong Saka. 

➦Satuan Karya (SAKA) Pramuka : 
a. SAKA DIRGANTARA ↔ Bidang Keudaraan 
b. SAKA BHAYANGKARA ↔ Bidang Kepolisian 
c. SAKA BAHARI ↔ Bidang Kelautan 
d. SAKA BAKTIHUSADA ↔ Bidang Kesehatan 
e. SAKA KENCANA ↔ Bidang Kependudukan 
f. SAKA TARUNA BUMI ↔ Bidang Pertanian 
g. SAKA WANABAKTI ↔ Bidang Kehutanan 
h. SAKA WIRAKARTIKA ↔ Bidang Bela Negara


  Oke cukup sekian ya postingan pada kali ini,Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan pramuka untuk kakak dan teman-teman semuanya ya! Sampai ketemu lagi, Salam Pramuka!!!




Postingan populer dari blog ini

Bab 3 : Biografi Baden-Powell

SATUAN KARYA PRAMUKA WAHANA PEMUDA BERKARYA