Sandi Ambalan


Sandi Ambalan adalah sandi khusus yang berfungsi sebagai pengganti pengucapan Tri Satya dan Dasa Dharma. Isinya merupakan gambaran umum mengenai ambalan itu sendiri. Menyisipkan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, visi  dan misi serta tujuan NKRI.
Sandi Ambalan Soekarno-Fatmawati menggambarkan mengenai NKRI yang utuh dengan segala kekayaan alamnya, lautnya yang biru serta manusianya yang ramah dan santun terhadap sesamana. Di sanalah Ambalan Soekarno-Fatmawati berada. Berdasar atas Satya dan Dharma Pramuka, mengemban tugas dan amanat bangsa dengan rasa patriotisme berlandaskan atas ketulus ikhlasan. Ambalan Soekarno-Fatmawati Gugus Depan 05.67-05.68 merupakan wadah generasi muda bangsa untuk menggapai cita-cita, mengembangkan minat dan bakat, mengapresiasikan diri serta mengasah keterampilan sosial. Dengan semangat kompetitif, menjadikan Ambalan Soekarno-Fatmawati siap untuk bersaing dalam dunia global. SMA Negeri 1 Singaraja merupakan tempat dimana ambalan ini bernaung.
Sandi Ambalan “Dharma Satya Wacana” milik Ambalan Soekarno-Fatmawati SMA Negeri 1 Singaraja diciptakan pada masa kepengurusan Dewan Ambalan Soekarno-Fatmawati periode 2009/2010. Dengan rasa bangga, Ambalan Soekarno-Fatmawati bisa mempersembahkan sebuah cipta karya untuk generasi penerus Ambalan.
“Dharma” itu merupakan kebaikan, sedangkan “Satya” adalah kesetiaan dan “Wacana” berarti perkataan atau ucapan. Jadi, secara etimologi arti Sandi Ambalan “Dharma Satya Wacana” adalah kesetiaan kepada kebaikan dan perkataan hingga dapat menghasilkan suatu kepercayaan untuk dapat meraih impian yang mulia.
            Dengan harapan agar Generasi Ambalan Soekarno-Fatmawati dapat menjalankan hak dan kewajibannya secara baik sebagai abdi Negara dan Bangsa Indonesia.

Berikut Isi Sandi Ambalan Tersebut

SANDI AMBALAN SOEKARNO-FATMAWATI
SMA NEGERI  1 SINGARAJA


HUTAN NAN HIJAU
LAUT NAN BIRU
BERIBU PULAU MENGHIASI KHATULISTIWA
NUSANTARA YANG KAYA

PENUH RASA TANGGUNG JAWAB
DENGAN SEMANGAT PATRIOTISME
BERJUANG SEKUAT  TENAGA

DENGAN DASAR PANCASILA
BERPEGANG PADA TRI SATYA DAN DASA DHARMA
BERLAKU ARIF TEGAKKAN KEBAJIKAN

TUHAN YANG ESA
TUNTUN GENERASI MUDA
LESTARIKAN BUMI
BERBAKTI PADA NEGERI

SOEKARNO-FATMAWATI
WADAH BERKREASI DAN BERPRESTASI
DEMI INDONESIA, DEMI SMANSA SINGARAJA

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bab 3 : Biografi Baden-Powell

Bab 7 : PENGETAHUAN KEPRAMUKAAN

SATUAN KARYA PRAMUKA WAHANA PEMUDA BERKARYA