Penegak Bantara


Salam pramuka! Halo teman-teman pramuka SMA Negeri 1 Singaraja, kali ini kita akan membahas tentang bantara, nah kalian pasti pernah mendengar bantara kan? Untuk yang belum tahu apa itu bantara,kali ini kita akan membahas lebih mendalam tentang apa itu bantara. 

Penegak Bantara adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana. Golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara belum dianggap sebagai Pramuka Penegak dan disebut sebagai “Tamu Ambalan”, atau “Tamu Penegak”.

PENEGAK BANTARA adalah suatu tingkatan bagi Pramuka penegak yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum tingkat Bantara. Kata BANTARA sendiri bukan berarti Bantuan Tenaga Rakyat atau pun yang lain yang jelas bukan sebuah Akronim. Sejarahnya Kata BANTARA berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Pengawal / Adjudan, Pengawal dapat diartikan menjadi 3 hal yaitu :
1. Pengawal Para Pejabat seperti presiden.
2. Pengawal terhadap pembangunan yang sudah dan sedang dilaksanakan.
3. Pengawal yang bertugas untuk mengawal dan menjaga tegak dan lestarinya Pancasila Trisatya dan Dasa Darma.


Semua setelah menjadi Pramuka Penegak BANTARA berarti sudah dan harus siap menjadi seorang pengawal yang disebutkan 3 poin diatas. Oleh karena itu  sebelum menjadi penegak bantara harus bisa cakap dengan SKU yang diujikan di masing-masing satuan.

Setelah lulus Syarat Kecakapan Umum mempunyai tugas-tugas dibawah ini :
1. Mengingatkan Jalannya Pemerintahan.
2. Menjaga Jalannya Pemerintahan.
3. Mengawal Jalannya Pemerintahan.

Penegak BANTARA mempunyai arti sebagai berikut :


1. Warna Hijau melambangkan Kesuburan dan Kemakmuran berarti Seorang BANTARA harus menjaga kesuburan dan kemakmuran Negara Kesatuan Republik Indonesia. Warna hijau juga melambangkan diri yang berkembang tumbuh untuk mencaritahu banyak hal demi kemajuan Negara.

2. Dua tunas kelapa yang saling bertolak belakang melambangkan keseimbangan dan satuan terpisah antara pramuka penegak putra dan putri.

3. Bintang melambangkan seorang penegak bantara harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

4. Warna Kuning melambangkan keluhuran dan kejayaan.

        Oke, teman-teman sekarang kalian sudah tau kan apa itu bantara, bagi yang berminat, yuk gabung jadi penegak bantara!



Postingan populer dari blog ini

Bab 3 : Biografi Baden-Powell

Bab 7 : PENGETAHUAN KEPRAMUKAAN

SATUAN KARYA PRAMUKA WAHANA PEMUDA BERKARYA