Ceritaku Bersama ASF

Ceritaku Bersama ASF 



  Hallo namaku Jessica, semua pengalamanku bisa ada berawal dari hasil PAT pramuka. Aku mendapatkan hasil yang memuaskan bahkan nilaiku paling besar diantara teman-temanku. Pada saat itulah aku di ajak untuk bergabung di suatu organisasi pramuka yang ada di SMAN 1 Singaraja, yaitu Sangga Inti (SATIN) Ambalan Soekarno-Fatmawati. Saat itu aku belum tau apa itu SATIN? dan apa manfaat jika aku mengikuti organisasi di kepramukaan ini? Lalu aku mencoba menerima ajakan dari kakak kelas tersebut, karena aku pikir jika aku hanya menjadi siswa biasa di sebuah sekolah maka itu adalah hal yang umum bagi kalangan anak remaja. Namun apabila aku mengikuti suatu organisasi pasti ada sesuatu yang harus dikerjakan disana, dan pastinya kegiatan itu akan keluar dari zona nyaman sebagai siswa biasa. Nah disinilah aku berniat untuk mencoba mencari pengalaman yang baru di sekolahku. Sehingga disinilah awal mula aku keluar dari zona nyaman dan mulai mengikuti organisasi pramuka ini perlahan demi perlahan. Syarat untuk mengikuti SATIN ini harus mengikuti seleksi dan pembekalan. Disinilah aku mulai beradaptasi dengan memahami apa itu arti kebersamaan. Dimana aku bisa merasakan susah maupun senang dengan teman-temanku, dan bagaimana kerjasama itu sangat dibutuhkan dalam melaksanakan kewajiban kami. Kami pun mulai terbiasa dengan keadaan yang berhubungan dengan alam, dan sampai-sampai menganggap teman di organisasi pramuka ini sebagai keluarga kedua kami. Setelah kami dilantik menjadi bagian keluarga Ambalan Soekarno-Fatmawati, kami diajarkan oleh kakak kelas kami yang merupakan Dewan Ambalan Penegak (DAP) bagaiman cara berorganisasi, dan apa saja yang harus dilakukan dalam organisasi pramuka ini. Jadi DAP dan SATIN ini adalah suatu perwakilan siswa yang berada di naungan Ambalan dan mempunyai keberanian dan tekad yang kuat dalam mengelola Ambalan. Tugas kami ini adalah untuk melaksanakan kegiatan kepramukaan baik yang berasal dari luar maupun dalam. Kegiatan dari dalam yakni pelantikan penegak tamu,bantara,maupun laksana; mengadakan lomba-lomba dari ambalan; melaksanakan latihan rutin pramuka bagi siswa kelas x, dan lain-lain. Sedangkan kegiatan dari luar antara lain mengikuti perekrutan anggota satuan karya maupun mengikuti lomba yang diadakan oleh saka tersebut, juga lomba tentang kepramukaan lainnya.  

    Banyak pengalaman yang telah aku terima selama bergabung di organisasi kepramukaan Ambalan Soekarno-Fatmawati ini. Khususnya dalam pengalaman mengikuti lomba-lomba yang bergengsi terkait kepramukaan. Hari-hari libur kami lewati dengan mengejar target untuk latihan agar bisa mencapai hasil yang maksimal pada saat lomba. Adapun lomba yang aku maksud ini adalah lomba yang pernah aku ikuti selama ini, yaitu lomba satuan karya bhayangkara. Sebuah lomba bergengsi yang membutuhkan latihan yg cukup lama untuk ikut dalam ajang lomba ini. Lomba pramuka ini biasa di sebut lokabhara (lomba satuan karya bhayangkara). Yang ikut dalam lokabhara ini adalah kelas X dan kelas XI  masing-masing 8 orang putra dan putri. Latihan kami di mulai saat akan liburan sekolah. Tetapi setelah liburan sekolah tiba, tiap pagi dan sore kami selalu pergi ke sekolah hanya untuk latihan, berbagai macam latihan kami lalui, ada latihan fisik,latihan krida,latihan lkbb,latihan pionering, dan survival. Saat itu kami di latih oleh kakak kelas kami di pramuka yang sudah tamat dan sudah berpengalaman dalam lomba bergengsi ini. Banyak kegiatan yang kami lakukan kala pagi dan sore itu. Kami berlomba dengan satuan terpisah antara putra dan putri, tetapi lomba yang kami ikuti sama sehingga kami selalu latihan bersama. Hari-hari libur pun telah banyak kami lewati, dengan menghabiskannya untuk latihan di sekolah. Walau demikian, tepat disaat kami berlomba yang di laksanakan selama 4 hari, kami berusaha untuk menunjukkan kekompakan,kesiapan,dan mengikuti lomba dengan baik. Hal inilah yang paling aku sukai, dimana saat lomba aku juga bisa merasakan berkumpul bersama-sama dengan keluarga keduaku. Lalu tibalah saat-saat yang sangat kami nantikan, yakni pengumuman kejuaraan. Dan ternyata SMANSA yang memenangkan juara 1 putra putri dan juga memenangkan juara 1 umum serta piala bergilir. Betapa senangnya kami saat itu, aku melihat linangan air mata yang menunjukkan air mata kebahagiaan, karena bersyukur bisa mendapatkan hasil yang setimpal dengan usaha keras kami saat latihan. Maka kegiatan inilah yang paling aku sukai dari kegiatan-kegiatan yang ada..Senangnya aku karena bisa bergabung di dalam organisasi kepramukaan ASF ini. Karena selain mendapatkan banyak pengalaman baru, aku bisa merasakan bagaimana kami saling melengkapi,bekerja sama, dan mulai mengerti apa manfaat aku mengikuti organisasi ini. ASF ini adalah tempat kami bernaung, banyak prestasi pula yang di hasilkan oleh ASF. Sehingga aku benar-benar bangga bisa berpartisipasi dalam organisasi kepramukaan ini. Demikian cerpen ini aku buat menurut pengalaman yang aku dapatkan, semoga bisa menghibur pembaca. Sekian terima kasih.



by : Jesicca Agnes 

Postingan populer dari blog ini

Bab 3 : Biografi Baden-Powell

Bab 7 : PENGETAHUAN KEPRAMUKAAN

SATUAN KARYA PRAMUKA WAHANA PEMUDA BERKARYA