17 PERMAINAN PRAMUKA YANG SERU, ASIK, DAN KOCAK

GAMES PRAMUKA YANG SERU, ASIK, DAN KOCAK  




  Halo kakak-kakak dan teman-teman kali ini kita akan sharing tentang macam-macam permainan pramuka yang seru,asik dan pastinya kocak, Yuk dibaca,

1. Ketera Buta 
Alat : Hasduk dan benda lain 
Tempat : lapangan 
Pelaksanaan : Formasi barisan perregu 
Jalannya permainan :  
Mata ditutup Semuanya dengan menggunakan hasduk, kecuali yang belakang, semuanya memegang kebahu didepannya, orang yang belakang mengemudi apabila akan belok ke kiri ditepuk bahu kanan, begitu pula akan belok kekiri ditepuk bahu sebelah kiri, siapa yang paling cepat mengambil benda itulah yang menang. 

 2. Gambar Estafet 
Alat : Alat tulis (buku dan pensil) 
Tempat : lapangan 
Pelaksanaan : Formasi barisan per regu 
Jalannya permainan : 
Dengan hitungan waktu, barisan paling depan menggambar yang sudah disepakati oleh masing-masing regu, kemudian dilanjutkan orang yang kedua, sampai pada yang terakhir hingga terbentuklah gambar yang diinginkan masing-masing regu, gambar yang paling bagus dan sempurna menjadi pemenangnya.  

3. Kelipatan 
Alat : - 
Tempat : lapangan 
Pelaksanaan : lingkaran/barisan/duduk dengan rapi 
Jalannya permainan : 
Misalnya kelipatan 5 Dengan kata “Bus” atau kata lain tergantung dari pembina, dengan menggunakan kelipatan5, maka pada hitungan 5,10,15,20,25 ……. dst, harus mengucapkan kata “Bus” kalau salah maka akan dikena hukuman.
  
4. Kata Simun 
Alat : - 
Tempat : lapangan/ruangan 
Pelaksanaan : berbentuk lingkaran 
Jalannya permainan : 
Misalnya kata simun 5 Pembina mengatakan “KATA SIMUN 5” atau dengan angka lain setelah itu peserta mencari teman sebanyak 5 orang tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Temannya yang kurang atau lebih dari 5 itu yang mendapat hukuman.  

5. Umpan Benda Sambil Bernyanyi 
Alat : benda mati 
Tempat : lapangan/ruangan 
Pelaksanaan : lingkaran/barisan/duduk dengan rapi 
Jalannya permainan : 
Semua peserta menyanyikan sebuah lagu sembarang atau lagu melalui sound systme, dengan bergiliran benda diumpan kepada teman sebelum pada waktu pembina memberhentikan lagu tersebut secara bersamaan peserta yang memegang benda tersebut itu yang mendapat hukuman.  

6. Mencari Pemimpin Gerakan 
Alat : - 
Tempat : lapangan/ruangan 
Pelaksanaan : berbentuk lingkaran 
Jalannya permainan : 
Salah satu peserta yang ditunjuk oleh pembina maju ke tengah, tanpa sepengatahuan peserta tersebut, pembina menunjuk peserta lain untuk menjadi pemimpin gerakan. Gerakan sewaktu-waktu dapat dirubah sesuai dengan pemimpin gerakan pada waktu pemimpin gerakan memperagakan gerakannya secara bersamaan peserta yang lain mengikutinya lalu peserta yang ditengah mencari siapa yang menjadi pemimpin gerakan, peserta yang ditengah mencari pemimpin gerakan dengan cara menyebutkan nama atau kalaw tidak tahu namanya bisa menunjukkan orangnya apabila sampai 3 kali salah menunjukkan orang, maka dia mendapat hukuman dan kalau benar maka peserta yang menjadi pemimpin gerakan menggantikan posisinya di tengah dan seterusnya. 

7. Merubah Kebiasaan 
Alat : - 
Tempat : lapangan/ruangan 
Pelaksanaan : lingkaran atau berisan dengan cara berdiri 
Jalannya permainan : 
Dengan kata yang diucapkan pembina, maka peserta harus memperagakan kata-kata dari pembina, dengan tangannya peserta memperagakan apa yang dikatakan pembina dengan kebalikannya. Misalnya “pendek” harus memperagakan “panjang”. Kata-kata yang diucapkan : “panjang >< pendek, tinggi >< rendah, besar >< kecil”.  

8. Topi Bundar 
Alat : - 
Tempat : lapangan/ruangan 
Pelaksanaan : berbentuk barisan/duduk 
Jalannya permainan : 
Pembina menyanyikan lagu topi bundar, lalu peserta memperagakan kata-katanya, peserta yang salah memperagakan itu yang mendapatkan hukuman. Bait-baitnya tidak harus berurutan. Keterangan : Topi : kedua tangan menunjukkan kepala Saya : ibu jari tangan kanan menunjukkan badan Bundar : kedua tangan membentuk lingkaran kecil Kalau : kedua tangan kedepan dengan telapak tangan diatas Tidak : tangan kanan melambai kedepan Bukan : kedua tangan melambai kedepan  

9. Kerapan Sapi 
Alat : - 
Tempat : lapangan 
Pelaksanaan : masing-masing sapi terdiri 3 orang 
Jalannya permainan : 
2 orang menjadi sapi menghadap kedepan dengan salah satu tangan di berpegangan, 1 orang menjadi pengemudi/pemilik sapi ada di belakang sapi dengan cara salah satu kaki berada di atas tangan sapi yang berpegangan sedangkan satu lagi menyentuh tanah dan tangan kanan memegang pundak sapi kanan sebelah kanan sedangkan tangan kiri memegang pundak sapi kiri sebelah kiri, pada hitungan ketiga semua sapi berlomba-lomba lari kedepan sampai finish yang ditentukan pembina, sapi yang sampai duluan itu yang menang.  

10. Memakan Buntut Ular 
Alat : - 
Tempat : lapangan/ruangan 
Pelaksanaan : 2 regu formasi per regu 
Jalannya permainan : 
Per regu berbanjar ke belakang saling berhadapan, pada hitungan ketiga regu “A” memakan buntut ular regu “B” dan regu “B” memakan buntut ular regu “A”. Regu yang duluan memakan buntut itu yang menang. 

11. Kepala, Pundak, Lutut, Kaki 
Alat : - 
Tempat : lapangan 
Pelaksanaan : berbentuk barisan atau bersaf 
Jalannya permainan : 
Dengan kata-kata “kepala, pundak, lutut, kaki” dari pembina, peserta memperagakannya peserta yang salah itu yang mendapatkan hukuman. Keterangan : Kepala : kedua tangan memegang kepala Pundak : kedua tangan memegang pundak Lutut : kedua tangan memegang lutut Kaki : kedua tangan memegang kaki  

12. Lari, Jembatan, Kucing, Bom 
Alat : - 
Tempat : lapangan 
Pelaksanaan : berbentuk lingkaran/bersaf 
Jalannya permainan : 
Dengan kata-kata “lari, jembatan, kucing, bom” dari pembina, peserta memperagakannya peserta yang salah itu yang mendapatkan hukuman. Lari : kedua tangan menepuk kedua paha Jembatan : kedua tangan menepuk kedua bahu secara bersilang Kucing : kedua tangan mencengkram dan lingkungkan kedepan Bom : tangan kanan seolah-olah melempar bom kedepan dan mulut mengatakan “deemmm”  

13. Lelucon 
Alat : kertas dan bolpoin 
Tempat : ruangan 
Pelaksanaan : duduk 
Jalannya permainan : 
Sebelum permainan ini dilaksanakan terlebih dahulu masing-masing melipat kertasnya menjadi 7 lipatan, setelah dilipat dibuka kembali lalu peserta menulis kata-kata yang diperintahkan oleh pembina dimasing-masing lipatan, setiap selesai menulis lalu dilipat 1 lipatan dan diberikan kepada teman sebelahnya (jangan dibaca). Keterangan : Lipatan 1 : (tulis namanya sendiri) : Budi Lipatan 2 : “SUKA ME……..” (kata kerja yang berawalan me): Suka memakan Lipatan 3 : (anggota badan yang paling disenangi dan ditambah kata-nya) : Bibirnya Lipatan 4 : (salah satu teman yang disenangi) : Desy Lipatan 5 : “sampai……….” (kata akibat) : Sampai luka Lipatan 6 : “setiap hari……….” (hari kelahirannya sendiri) : Setiap hari minggu Lipatan 7 : “Di…………” (nama tempat yang paling disenangi) : Di sekolah  

14. Permainan Bisik Berantai 
  Permainan ini bertujuan melatih ketelitian ingatan dalam menerima dan menyampaikan informasi. permainan ini dilakukan dalam sebuah kelompok. permainan ini akan lebih seru jia digunakan untuk membuat pertandingan atara kelompok dengan saling berdampingan dalam barisan yang mempunyai jarak tertentu. pemipin regu dipanggil menjauh untuk diberitahukan kepada anggotanya secara berantai dari barisan paling depan sampai kebelakang. ketentuanya adalah pesan harus disampaikan dengan cara bertantai, pesan tidak boleh diketahui yang lain ketika menyampaikan. yang paling cepat menyampaikan hingga kebarisan belakang , maka group atau kelompok itu yang menang. untuk lebih jelasnya kita simak saja vidieo dibawah ini  

15. Permainan Pelangi Nama 
  Permainan ini bertujuan untuk melatih konsetrasi dan kesigapan fisik dalam menangkap dan melakukan perintah. permainan ini adalah jenis permainan dalam kelompok yang dilakukan dalam lingkaran. lingkaran tergantung jumlah anggota yang akan ikut bermain baik besar atau kecil. Cara Bermain: adik adik membuat lingkaran besar dengan membuat lingkaran tumpuan kaki, sehingga jelas dimana mereka berpijak dan berpindah dari tumpuan ke tumpuan lain. salah satu kakak atau adik yang pertama memulai permainan sebagai orang yang memberikan perintah. adapun aba aba pertintah hanya menyebutkan Merah, kuning, dan biru. apabila perintahnya Merah : maka orang yang ditunjuk menyebut nama temannya sebelah kanan apabila perintahnya Kuning: maka orang yang ditunjuk menyebutkan nama temannya sebelah kiri apabila perintahnya Biru : semua peserta berpindah tempat, yang paling terakhir berpindah tempat akan menggantikan orang yang berada ditengah lingkaran. adapun hukuman atau sangsi jika tidak bisa, bisa digunakan berfarasi hanya untuk membuat permainan lebih semangat.  

16. Permainan membuat Ular Terpanjang 
  Permainan ini bertujuang untuk bisa memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan bersama. permainan ini juga termasuk permainan dalam kelompok dimana untuk berlomba antara regu atau kelompok. cara memainknnya adalah semua kelompok atau regu berbaris dengan jumlah angggota yang sama. dan dalam posisi siap melaksanakan tugas. tugas mereka adalah membuat formasi ular terpanjang yang dapat disusun sengan semua alat atau benda yang menempel padanya kecuali hasduk. bisa berupa uang, kaos kaki, sepatu, pin dsb sesuai dengan kreatifitas mereka. posisi mereka bebas menyambung baik duduk, tiduran atau sebagainya. yang paling panjang dan tidak ada formasi yang putus yang memenangkan permainan.  

17. Permainan Siap,Bidik ,Tembak, Door. 
  Permainan ini bertujuan melatih kesigapan dalam kelompok dan konsetrasi. permainan ini tidak bertujuan untuk mendapatkan pemenang tetapi jika ingin memasukan hukuman bisa diberikan yang paling lambat respon atau salah merespon. permainan ini akan effektif dalam permainan kecil dimana setiap baris terdidi dari 4 anggota. setiap anggota mempunya tugas sendiri sendiri. contoh dimulai dari kiri, adalah yang bertugas untuk melakukan respon pertama kali ketika ditunjuk dengan melakukan gerakan siap sambil teriak " Siapppp", kemudian diikuti teman sebelah kanannya merespon Bidik dengan posisi salah satu kaki maju hampir seperti posisi siap maju jalan, dengan berteriak "Bidikkk", kemudian diikuti disebelah kanannya dengan memperagakan posisi orang yang menembak sambil berteriak " Tembakkkk". diikuti sebelah kanannya yang bertujuan menunjuk atau menentukan group atau barisan mana yang harus merespon dengan mengarkan jarinya ke group atau barisan tersebut dengan berteriak "Doorrrrr". dan group yang ditunjuk langsung meneruskan seprti tadi dan terus berjalan hingga ada kesalah adanya kelompok yang tidak berkonestrasi.



  Oke cukup sekian postingan pada kali ini,Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan pramuka untuk kakak dan teman-teman semuanya ! Sampai ketemu lagi, Salam Pramuka!!!



Postingan populer dari blog ini

Bab 3 : Biografi Baden-Powell

Bab 7 : PENGETAHUAN KEPRAMUKAAN

Bab 4 : Sejarah Kepanduan & Kepramukaan